Cara Mengatas Script Error window.___gcfg = {'lang': 'in'}; di Blog AMP

Akhir-akhir ini muncul sebuah nama baru di dunia blogger yaitu Accelerated Mobile Pages atau yang sering disebut dengan AMP HTML. Setelah diketahui bahwa AMP bisa diterapkan di blogspot/blogger kini banyak para blogger yang mengubah template blog dan postingan sedemikian rupa agar blognya menjadi valid AMP. Dalam perubahan template mungkin terdapat beberapa error atau masalah yang mungkin belum diketahui seperti contoh berikut yang akan saya bahas yaitu masalah script window.___gcfg = {'lang': 'in'}; yang saat kita cari di template tidak ada kode tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Awalnya saya juga agak bingung, karena saat saya cari di google saya tidak menemukan. Sempat hampir putus asa membuat template AMP akhirnya saya menemukannya dan sebenarnya caranya pun tidak terlalu sulit.

Untuk kode error seperti yang sudah saya bahas diatas kurang lebih seperti berikut:

<script type="text/javascript">window.___gcfg = {'lang': 'in'};</script>

Untuk cara mengatasinya pertama silahkan buka blogger > Template > Edit HTML
Tekan CTRL+F dan cari kode seperti berikut

<b:includable id='main' var='top'>....</b:includable>

Kemudian silahkan cari kode yang ada diatas </b:includable>  kurang lebih kodenya seperti berikut

 <b:if cond='data:top.showPlusOne'>
    <data:top.googlePlusBootstrap/>
  </b:if>
atau seperti berikut
  <b:if cond='data:top.showDummy'>
    <data:top.dummyBootstrap/>
  </b:if>

jika sudah hapus kode diatas lalu simpan template. Bagaimana? cukup mudah bukan? Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan pada tutorial kali ini jika ada pertanyaan silahkan bisa tanyakan melalui kolom komentar.

Post a Comment

Post a Comment